Laman Kami

Wednesday, October 18, 2017

7 Tips Menyelesaikan Skripsi | Ampuh

7 Tips Menyelesaikan Skripsi | Ampuh
(oleh: Rafi Adly S.sos)

Salam Bloger!. Apa kabar Mahasiswa Tingkat Akhir? Atau apa kabar Mahasiswa Baru yang masih fresh dan udah penasaran aja sama yang namanya makhluk “SKRIPSI”?. Buat kalian MABA alias mahasiswa baru kayanya kalian perlu kenal dulu ni sama makhluk yang satu ini (Skripsi), sebelum kalian kenal sama kakak kelas Targetan kalian (hehe) dan wabil Khusus buat mahasiswa Tingkat Akhir yang udah di ujung tanduk masa kuliahnya, wajib banget untuk ta’aruf dan meminang makhluk Skripsi ini kalo temen-temen emang pengen banget merayakan resepsi wisudanya nanti. Apalagi yang udah ditunggu sama si pujaan hati, hehe.

Entah stigma dari tahun kapan makhluk sejenis “SKRIPSI” ini menjadi momok yang beraura negatif dan selalu jadi buah bibir dikalangan Mahasiswa Tingkat Akhir. Sekumpulan persepsi negetif tentang makhluk Skripsi ini terdoktrin di sebagian kalangan Mahasiswa. Mulai dari kata; Ribet, Capek, Pusingin, gak penting, dan sejuta kata-kata negatif lainnya tentang Skripsi.

Tapi tenang sahabat bloger, penulis gak akan membahas tentang kehororan makhluk satu ini. Penulis akan sedikit bebagi tentang resep, tips dan trik agar Skripsi temen-temen berubah menjadi Skripsweet.

1. Niat


Buat temen-temen yang lagi hilang arah atau terhipnotis dengan indahnya dunia mahasiswa sehingga lupa sama tujuan awal kuliah. Kayaknya temen-temen perlu berhenti sejenak dari rutinitasnya dan menyediakan sedikit waktu untuk merefresh niat temen-temen agar kembali fresh.

Inget kembali masa-masa perjuangan temen-temen untuk bisa kuliah dan inget juga pengorbanan kedua orang tua yang udah bela-belain anak-anaknya agar bisa kuliah serta keluarga yang udah menanti kelulusan temen-temen. Dan yang gak kalah penting inget akan masa depan temen-temen yang udah siap menanti dan menantang kita untuk lebih menjelajahinya dengan keseruan baru.

2. Temui Dosen Pembimbing


Bila masalah niat sudah selesai, segera datengi Dosen Pembimbing dengan aura baru yang lebih fresh dan semangat. Tak perlu khawatir jika kita belum memiliki bahan untuk bimbingan, datengi aja dan konsultasikan segalanya yang menjadi unek-unek dan kendala kita dalam proses menyelesaikan skripsi.

Selain itu bangunlah persepsi positif terhadap dosen pembimbing, buang dulu prasangka negatif tentang dosen pembimbing karena itu yang akan mengganggu kita dalam bimbingan serta ciptakanlah setiap pertemuan itu dengan antusias dan rasa rendah hati sebagai seorang murid, karena bila kita terlalu over dan keras kepala itu juga yang menjadi salah satu penyebab lamanya proses bimbingan. Semangat Bimbingan !!!


3. Temukan Masalah


Masalah? Kayanya pada baper ni kalo dengar kata “Masalah”, yang pasti masalah ini bukan cerita tentang mantan yang udah Nikah sama orang lain bukan juga tentang jomblo-jomblo yang belum nemuin pasangannya, dan bukan juga soal kantong tipis dan gorengan yang menjadi lauk utama karena menipisnya kiriman di akhir bulan. No!, bukan itu. Masalah yang dimaksud disini adalah masalah Ilmiah. hehe

Ada sedikit tips cara aman dalam menentukan masalah, yang Pertama carilah masalah yang kira-kira sesuai dengan kemampuan kita. Kedua carilah masalah yang mudah dalam memperoleh dan mengolah datanya. Dan yang Ketiga carilah masalah yang mudah untuk diakses, disarankan agar deket dengan lingkungan tempat tinggal kita. Terakhir yang keempat, carilah masalah yang teorinya kita kuasai agar lebih memudahkan kita dalam membedah masalah dalam skripsi kita.


4. Bacalah Skripsi Terdahulu


Tips yang keempat adalah bacalah beberapa skripsi terdahulu yang sesuai dengan masalah skripsi kita. Karena skripsi terdahulu berguna banget buat gambaran kedepan kita dalam menyusun BAB/BAB sebuah skripsi. Tips membacanya fokuskan pencarian pada teori yang dipakai, rumusan masalah, dan kerangka penulisan pada BAB V.

Trik ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) ini gak ada salahnya digunakan dalam menyusun skripsi, meniru dalam arti memahami pola penulisannya dan  memodifikasinya sesuai dengan gaya bahasa dan permasalahan skripsi kita dan itu juga selama tidak melanggar kode etik penulisan skripsi ya. Intinya Skripsi terdahulu itu ibarat Biografi orang sukses, Semakin banyak kita mengetahuinya semakin banyak inspirasi-inpirasi baru yang kita peroleh. #ea hehe


5. Mulailah melakukan Penelitian terhadap Masalah


Setelah mendapatkan gambaran dari dosen pembimbing dan skripsi penelitian terdahulu, maka langkah selanjutnya mulailah melakukan penelitian terhadap masalah skripsi kita. Tapi sebelum melakukannya buatlah terlebih dahulu pedoman wawancara yang nantinya akan menjadi landasan dan acuan sebuah penelitian. Pedowan wawancara sangat berguna banget agar penelitian kita terarah dan tertarget.


6. Mulailah menulisnya


Setelah data terkumpul dan diolah dengan baik, maka mulailah menulis dan merangkai hasil observasi kita menjadi susunan-susunan kalimat. Agar menciptakan suasana menulis yang nyaman lakukan lah ditempat-tempat yang nyaman, seperti kosan, perpus, taman kampus dan lain sebagainya. Buatlah suasana senyaman mungkin atau bisa juga sambil mendengarkan musik-musik yang kita sukai, tapi jangan musik yang bikin kita baper ya, nanti bukan ketikan skripsi yang kita tulis, malah jadi ajang update status karena baper sama musiknya. >.<


7. Istiqomah


Nah ini yang gak kalah penting, Istiqomah atau bahasa kitanya konsisten pada jalan yang benar. Karena 99% kegagalan itu disebabkan rasa putus asa atau tidak konsiten. Maka untuk mencapai finish lakukan lah sampai finish, karena yang menang dalam kehidupan itu bukan soal siapa yang lebih dahulu sampai finish tapi soal seberapa kuat ikhtiar kita untuk mencapai finish, pastinya dengan cara yang benar ya.

Mungkin itu aja kali ya sahabat bloger tips menulis skripsi dari saya, mudah-mudahan tulisan ini bisa memberikan inspirisai dan insights tersendiri buat temen-temen dan jangan lupa abadikan setiap momen agar skripsi terasa skripsweet. Pokoknya tetap semangat, masa depan menanti anda, Bravo !!

"Apa yang udah kita mulai, Maka wajib untuk diselesaikan, soal hasil biar Tangan-Nya yang berkuasa"


Jangan lupa Follow IG kita di @rafiadly29 | Terimakasih.

2 comments:

Jasa NIB Perorangan Jakarta | 081394494132

 Jasa NIB Perorangan Jakarta | 081394494132 Assalamu'alaykum, Hallo sobat milenial, gak kerasa ya sudah 11 bulan lamanya kita hidup di e...