Laman Kami

Wednesday, November 14, 2018

Manusia Kanibal?

Manusia Kanibal?
(Oleh Rafi Adly, S.Sos)


https://banner2.kisspng.com/20180420/pgw/kisspng-plants-vs-zombies-clip-art-cartoon-hospital-5ad9a8af45e136.7142552615242139352862.jpg
Sumber Foto : https://banner2.kisspng.com/20180420/pgw/kisspng-plants-vs-zombies-clip-art-cartoon-hospital-5ad9a8af45e136.7142552615242139352862.jpg
Assalamu'alaykum sahabat Blogger...

Apa kabar? semoga sehat slalu dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Ngomong-ngomong ada yang tahu apa itu kanibal? ya, kanibal adalah fenomena dimana satu makhluk memakan makhluk sejenisnya, kaya manusia makan daging manusia. Kebayangkan? jijik, pengen muntah atau pengen berkata kasar? ,"Itu orang punya otak gak si?!

Nah tau gak sahabat blogger kalo kanibalisme itu ada di dalam Al-Qur'an sebagai perempumaan dari kondisi sosial tertentu. tepatnya disurat Al-Hujurat ayat 12, Allah SWT berfirman :

"Wahai Orang orang yang beriman! Jauhilah banyak prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada diantara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya sesudah mati? tentu kamu merasa jijik. Dan bertaqwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Taubat, Maha Penyayang".

Dari ayat diatas dapat kita pahami sahabat blogger kalo Allah SWT menyuruh kita untuk menjauhi saling berprasangka, mencari-cari kesalahan dan saling menggunjing sebagaimana kita merasa jijik dengan seseorang yang memakan daging saudaranya sendiri setelah mati alias kanibalisme. Mengingat di Negeri kita tercinta ini ditahun politik banyak banget berita hoax, saling caci, persahabatan renggang, keharmonisan di uji hanya karena perbedaan pilihan politik.

Media sosial penuh dengan berita berita kosong yang semuanya seperti diperuntukan hanya untuk memperoleh margin elektabilitas belaka tanpa memikirkan nilai nilai edukatif bagi masyarakat. Entah siapa yang berada dibelakang semua ini. Tapi yang jelas kondisi social seperti ini harus kita kendalikan dan hentikan.

Please, be smart! Saling berprasangka, mencari-cari kesalahan dan saling menggunjing tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Terkhusus untuk saudara saya sesama muslim. Ingat bagaimana susah payahnya rasulullah salallahu‘alaihi wassalam menyatukan kaum muhajirin dan anshor sampai mereka bisa saling mencintai sebagaima mereka mencintai dirinya sendiri.

Tulisan sederhana ini bukan untuk menyudutkan atau mengunggulkan golongan tertentu ini murni dari rasa prihatin melihat kondisi sosial saat ini dengan harapan kita bisa saling menghargai perbedaan pilihan politik dan saling menasehati dengan santai dan santun tanpa harus terbakar amarah. Sekian, Terimkasih.

#TetapSemangat

No comments:

Post a Comment

Jasa NIB Perorangan Jakarta | 081394494132

 Jasa NIB Perorangan Jakarta | 081394494132 Assalamu'alaykum, Hallo sobat milenial, gak kerasa ya sudah 11 bulan lamanya kita hidup di e...